Ayo ke Mamuju, Rasakan Sensasi Ikan Segar

Mamuju adalah Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat. Walaupun saat ini masih bersatus Kabupaten dan sementara berproses untuk bermetamorfosis menjadi kota yang sesungguhnya.

Untuk mencapai Mamuju dari Makassar ada beberapa jalur yang dapat di lalui.

  1. Jalur udara melalui bandara Sultan Hasanuddin. Ada 3 maskapai yang melayani rute menuju bandara Tampapadang Mamuju. Garuda dengan pesawat Bombardir, Wings dengan ATR 500 dan Sriwijaya dengan pesawat Boeingnya. Harga tiket pesawat ke Mamuji lumayan terjangkau di kisaran Rp 280.000 sampai Rp.600.000-an. Perjalanan lewat udara ditempuh kuranh lebih 45 menit – 60 menit. Penumpang akan disuguhi pemandangan laut dan hutan saat melintas di atas angkasa.
  2. Lewat darat via Bus. Ada banyak pilihan bus ke Mamuju dari Makassar. Nama – Nama PO Bus di antaranya PIPOSS, Bintang Timur, Bintang Prima, Manggala Trans, Metro Permai, Litha, Liman, dan Damri. Untuk bus ada beberapa pilihan. Pakai AC biasa, Non Ac, dan Sleeper Bus bagi yang suka perjalanan dengan menggunakan tempat tidur. Harganya juga murah sekitar 150 rb – 200 ribuan. Rata – rata bus berangkat dari terminal daya pukul 20.30 dan tiba di terminal Mamuju pukul 05.00 – 07.00 pagi. Ada beberapa kabupaten yang dilalui melalui jalur sulawesi. Maros, Pangkep, Barru, Kota Pare2, Pinrang, Polewali Mandar, Majene dan Mamuju.
  3. Rental Mobil. Harganya di sekitaran 1.500.000 – 2.000.000 dengan menggunakan mobil avanza atau Innova. Lumayan capek jika memilih opsi ini.
  4. Bawa mobil sendiri. Bisa menikmati indahnya perjalanan sepanjang jalur Sulawesi. Banyak pilihan untuk “take rest” walaupun rest area di jalur ini tidak secantik di Pulau Jawa tapi soal tawaran makanan bisa di adu. Bisa singgah makan dange di pangkep, Gogos Bakar dan jagung di Barru, Angpao di Pare- Pare, Itik Palleko di Pinrang, Bau peapi di Majene dan Polewali,Ikan asap tuing2 di Somba Majene dan Mamuju dengan Ikan segarnya.

Mamuju termasuk wilayah yang kecil. Untuk mencapai ujung kota dari ujung ke ujung tidak sampai 30 menit. Dari kilometer 0 di depan kantor gubernur di rangas sampai ke jalur dua Trans Mamuju.

Teedapat bebetapa pilihan tujuan destinasi yang bisa di kunjungi antara lain Wisata Pulau Karampuang, Pantai Manakarra Mamuju, Pantai Tapandulu, Pantai Wisata Rangas, Pantai Lombang2, Wisata alam berupa air terjun dan Permandian air panas serta wisata Mangrove di bebanga, Anjoro Pitu- untuk bisa menikmati pemandangan Mamuju dengan lengkap dan jembatan gantung dan Mesjid di area Kompleks Perkantoran Gubernur Sulawesi Barat sangat pas menjadi bahan lahapan bagi yang hobby mengabadikan momen melalui foto.

Mamuju belum ada macet. Jalanan agak ramai pada saat pagi dan sore bertepatan dengan kepergian dan kepulangan para pegawai Pemerintah.

Anda perlu hati-hati pada saat membawa kendaraan karena masih ada beberapa orang yang suka “buat kaget” pengendara di Jalanan. Utamanya pada saat mau belok perhatikan kanan dan kiri anda.

Untuk mendapatkan makanan di Mamuju sangat mudah. Warung -warung makanan laksana jamur yang hampir ada di setiap sudut Mamuju. Para wisatawan dan pelancong sebaiknya menikmati Bau Peapi khas Mandar yang disajikan oleh beberapa warung makan di wilayah Manakarra.

Ikan – ikannya segar. Kata teman yang pernah berkunjung ke Mamuju. Mamuju itu surga Ikan laut.

Ditulis di Perjalanan Menuju Mamuju diatas Bus Bintang Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *