Membangun Jejaring “Cinta” di Balance Unhas Kelas KA105 FKM

Hari ini 16 September 2017 menjadi pelaksanaan ke 2 Balance Unhas yang wajib di ikuti oleh mahasiswa baru Kampus merah dengan seragam batik dan Celana / Rok Hitam .  Harus hadir On time sesuai dengan Pesan Instruktur pekan lalu Bapak Adnan Nasution (Dosen FKIP Unhas) .Materi Balance ada 3 :

  1. Sinergitas dalam kemajemukan
  2. Membangun jejaring suportif
  3. Etika akademik

sayang sekali pada pekan kedua ini ada beberapa teman yang tidak bisa ikut balance karena tidak ikut pada pekan sebelumnya. Ukan, Rosjaya, Linda Kaysupi, Linda Sarungallo, dan Sadania walaupun hadir dikampus tapi tidak diperkenankan masuk keruangan sehingga mereka harus mengulang tahun depan.

Ada beberapa catatan yang di dapatkan pada pekan kedua ini :

  • Mahasiswa baru perlu melakukan adaptasi terhadap kondisi dunia kemahasiswaan. Kampus berbeda dengan sekolah SMA.  oleh Ibu Indar selaku Instruktur membagi kelas menjadi 8 kelompok dan tiap kelompok di arahkan untuk menuliskan kesamaan dan perbedaan yang ada dalam tiap kelompok. Saya berada pada kelompok 8 bersama Armadhan, Nanang dan Resmita. Kesamaan kelompok 8 adalah semuanya suka makan makanan gratisan. jadi teringat panggilan makan Kapurung beberapa malam lalu di rumah Kost Ibu Nelli di BTN Asal Mula di PK 7
  • Mahasiswa baru perlu membangun jejaring suportif. Jejaring untuk saling menguatkan. Saling membantu dan belajar bersama. Ibu Indar memutar sebuah video tentang seorang mahasiswa Unhas yang bermasalah dengan mata kuliahnya sehingga jadi kurang semangat belajar. Terdapat 2 orang mahasiswa di kelasnya yang datang untuk membantunya mengerjakan tugas secara berkelompok. Singkat cerita setelah 5 tahun kemudian mereka bertemu lagi. Mahasiswa yang bermalasalah 5 tahun lalu telah bekerja di sebuah perusahaan besar sedangkan teman kuliahnya masih sementara mencari pekerjaan. Akhirnya teman yang sukses ini menawarkan peluang kerja kepada temannya tesebut. Membangun relasi, membangun cinta pada saat kuliah dengan teman-teman di kampus akan kita rasakan ke depan. Ini adalah investasi besar. Bisnis yang tak ternilai. Tak ada kerugian yang didapatkan dalam membangun jejaring.
  • Etika akademik perlu ditunjukkan oleh mahasiswa. Haram hukumnya seorang mahasiwa dengan mental akademik untuk melakukan Plagiat. Tau arti plagiatkan? Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia Plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan.Selain itu Menurut Oxford American Dictionary dalam Clabaugh (2001) plagiarisme adalah:“to take and use another person’s ideas or writing or inventions as one’s own”

    Menurut Reitz dalam Online Dictionary for Library and Information Science plagiarisme adalah : “Copying or closely imitating take work of another writer, composer etc. without permission and with the intention of passing the result of as original work”

    Ih jadi Plagiator, Ndak mau ah. So Kita harus “Studi Hard” lagi, memperbanyak membaca buku dan sumber – sumber ilmu lainnya. Study Hard itu apa sich? Makanan ringan?, bukanlah study hard itu kita harus belajar keras untuk dapat menambah pengetahuan kita. Apalagi 1 bulan kuliah di Kampus merah hampir tiap hari dijejali dengan tugas – tugas dari dosen.

Pada sesi akhir kegiatan. Ada 3 contoh kasus yang di berikan oleh instruktur. Mulai dari iwan yang terlambat bangun dan motornya mogok sehingga minta absenkan sama teman di kelas, si Ani yang mencopy paste sebuah makalah dan hanya mengganti judulnya dan tentang seorang mahasiswa yang kurang beretika dalam mengirim sms janjian kepada seorang dosen.

So Balance hari ini jadi media bagi peserta Balance khususnya Kelas KA105 untuk membangun cinta. Opss bukan cinta Monyet dan Cinta Nafsu Sahabat. Tapi cinta untuk saling menguatkan, saling mendorong, saling share tentang informasi yang bermanfaat.

Balance hari ini dilaksanakan sampai pukul 12.30. dan akan dilanjukan pekan depan.

See you Next Week Balancers FKM KA105 class. I am very Happy today.

Cafe Ewako, Makassar 16 September 2017. Bersama Pak Kiki  Mahasiswa Tubel Kemenkes 2017 dari ternate sambil menikmati kopi susu Toraja dan Ubi Goreng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *