Charge Your Spirit di kelas Inspirasi Mamuju#2 – Part 1

Alhamdulillah Tahun 2015 menjadi tahun kedua Pelaksanaan kelas Inspirasi mamuju. Sejak 2 bulan terakhir ini sibuk dengan persiapan pelaksanaan Kelas Inspirasi Mamuju#2. OPPO jadi Koordinator KI Mamuju” gumamku dalam hati saat teman2 alumnus KI Mamuju#1 belum ada yang bersedia jadi koordinator KI#2 Mamuju. Kebetulan diantara teman-teman Alumnus KI Mamuju#1, saya yang paling tua—-hehehehehe…

Antara Pekerjaan sebagai PNS di Dinkes Sulbar dan Kelas Inspirasi, semuanya menjadi prioritas. Membagi waktu antara pekerjaan dan hobby menjadi relawan dan turut bagian dalam partisipasi membangun pendidikan Indonesia di “Perguruan Kelas Inspirasi”

Kopi Darat (Kopdar) —Istilah yang kami berikan bagi rapat dan ketika para panitia berkumpul yang dilaksanakan tiap dua kali sepekan hampir selalu ditemani oleh gorengan yang disiapkan oleh teman-teman Panitia yang hadir. Bersama dengan orang – orang yang berbeda profesi, berbeda aktivitas namun satu dalam bingkai kesukarelawanan membuat saya happy and enjoy to do it.

Mulai dari menyusunan Time Schedule, Rekruitmen Panitia Relawan, kontak Ibu Hikmah- Koordinator KI Sulbar – Mas Dika dan Mbak Tinitis dari Indonesia Mengajar, Survei Sekolah, Kontak dengan KCD, Bupati Mamuju, Rekruitmen Relawan Pengajar dan Fotografer / Videografer sampai pelaksanaan 3 acara Puncak “ Briefing – Hari Inspirasi – Refleksi”

Kesemua dan hampir semua tahapan – tahapan dan langkah – langkah yang di lalui memiliki cerita tersendiri yang begitu menarik. Kebersamaan dengan relawan – Relawan Panita dan Pengajar dari Kelas Inspirasi Mamuju 1 Tahun lalu berlanjut terus sampai hampir 1 tahun ini. Muka yang berseri – seri, semangat yang terus membuncah, dan jiwa tanpa pamrih yang mereka miliki memberikan pelajaran kepada saya bahwa masih banyak kok orang-orang yang siap untuk suka rela dan turun tangan langsung dalam kerja – kerja sosial di kelas Inspirasi.

Mulai tanggal 5 Januari “Open Recruitment “ Volunteer Pengajar – Fotografer mamupun Profesional mulai dibuka di Website Kelas Inspirasi . Selai itu kami juga melakukan pembagian brosur kelas Inspirasi tiap pekan di Anjungan Pantai Manakarra dan Pada Pelaksanaan Free Car Day. Banyak belajar dari teman – teman Relawan. Ada Hamar, Miny Jie, Slamet, Sandy dengan semangat 45 yang mereka miliki, Om maul sekeluarga bersama dengan Volunterr Cilik Si Najilah, Mr Ontime – Dewa yang dengan Motor Supranya selau hadir paling cepat pada setiap aktivitas yang kami lakukan, Uci, Sri, Wahdah, Tabo’ dan Hasiyanti – Pemudi – pemudi yang dengan rasa tulus dan keikhlasan berbaur dengan rasa ingin berbagi, Tika, Aida, Miny dan Nina dengan semangat terus semoga berkarya lebih baik untuk bangsa dan Negara, Misna dan Nuby ayo terus bersama membangun mimpi anak Indonesia

Hari terus berlalu, Jam demi jam tak terasa, menit – demi menit berputar dalam alunannya dan akhirnya tersisa 10 hari lagi masa pendaftaran terbuka. Otak mulai diputar, tenaga terus maksimalkan dan berbagai macam ide muncul dari teman – temana pada saat kami kumpul.

“ Ayo kita buat surat ajakan khusus kepada profesional untuk terlibat dalam kegiatan Inspirasi kali ini” ujar salah seorang relawan pada saat itu.

Akhirnya kami buatlah Surat yang ditujukan kepada para profesional dan Institusianya mulai dari Kepolisian, TNI, Perkumpulan Perawat, SAR, Badan Bencana, Pemadam dan ajakan kepada Bupati Mamuju untuk terlibat dan turun tangan langsung dalam kegiatan kelas Inspirasi.

Formulir disiapkan namun ternyata 4 hari menjelang masa akhir penutupan pendaftaran kelas Inspirasi belum ada yang kembalikan formulir.

Akhirnya Jurus terakhir “mendatatangi langsung”, mulai dari Makodim, Respon yang luar biasa yang diberikan oleh Bapak Kasdim Mamuju dalam pelaksanaan Kelas Inspirasi dengan ajakan 3 orang anggota TNI untuk ikut dalam kegiatan kI Tahun ini. Selanjutnya berputar ke kantor Kepolisian, Kapolres Mamuju memberikan tugas kepada 8 anggotanya termasuk beliau didalamnya untuk terlibat dan turun tangan langsung mengajar anak- anak SD.

Relawan Pengajar Fix, yang jadi malasalah adalah kekurangan relawan Fotografer / Videografer. 3 Sekolah belum memiliki fotografer. Gimana yah caranya?…Dengan menggunakan HP maka teman- teman yang memiliki koneksi kenalan fotografer kemudian kami hubungi secara langsung. Mereka sangat ingin terlibat namun pada hari pelaksanaan Kelas Inspirasi ada kegiatan lain yang mereka lakukan..So ..telpon kesana kemari..BBM kenalan para relawan—Kontak Komunitas Jpeg, dan akhirnya tercukupilah relawan fotografer yang ada di 8 Sekolah yang akan kami kunjungi.

Pelaksanaan Briefing memasuki harinya..Persiapan segalanya..Mulai dari bersihkan Aula Diknas Kab mamuju , Sampai kontak langsung via sms dan Telpon kesiapan relawan untuk hadir pada saat briefing.

Melihat para relawan datang satu per satu memasuki ruangan. Mengingatkan kami pada lirik lagu Di Timur Matahari” dari W. R. Supratman :

Di timur matahari mulai bercahaya
Bangun dan berdiri kawan semua semua
Marilah mengatur barisan kita
Pemuda pemudi Indonesia

Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya :

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Dan pada saat briefing kami menyampaikan secara singkat tentang Kelas Insirasi secara umum dan pemutaran Video Kelas Inspirasi Mamuju#1. Dengan dipandu oleh Eby dan Okky dari Pengajar Muda yang telah datang dari arah 70 Km dari Malunda di Majene. Akhirnya teman – teman relawan bertemu dengan relawan lainnya, bertatap muka dengan para Kepala Sekolah dan Bapak KCD , H. Sabannar..Salut untuk Bapak KCD yang memberikan respon yang luar biasa dalam Pelaksanaan Kegiatan Kelas Inspirasi Mamuju.

Dengan Briefing diri ini terasa tercharger kembali dan Full semangat dengan 7 Sikap Dasar Kelas Inspirasi :

– Sukarela

– Bebas kepentingan

– Tanpa biaya

– Siap belajar

– Ambil bagian langsung

– Siap bersilaturahmi

– Tulus

Satu semangat… Satu Tempat… Satu Tujuan ….

Di Kelas Inspirasi – Membangun Mimpi Anak Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *