Buka Puasa di Musholla Al Fikri Pasca Sarjana Unhas

Salah satu puasa yang disunnahkan lagi adalah puasa Senin Kamis. Puasa ini dilakukan pada setiap pekan di dua hari tersebut. Keutamaannya bisa menghapus kesalahan dan meninggikan derajat, serta memang dua hari tersebut adalah saat amalan diangkat di hadapan Allah sehingga sangat baik untuk berpuasa saat itu.

Bagi mahasiswa Universitas Hasanuddin yang rutin berpuasa Senin dan kamis ada banyak Masjid dan Musholla yang menyiapkan pembatal puasa bagi mereka yang shaum.

Salah satu Musholla yang rutin melaksanakan buka puasa bersama selama senin dan kamis adalah Musholla Nurul Fikri Pasca Sarjana Unhas.

Menu yang di siapkan 

Bagi yang rajin berpuasa salah satu menu favorit yang sering di cari adalah es teler dan gorengan. Nah di Musholla Al fikri pun menu wajib yang di siapkan oleh ikhwa adalah menu es teler, es buah, es melon dan gorengan berupa  pisang goreng, ubi goreng dll.

Pokoknya bagi kamu yang pengen membatalkan puasa di Musholla ini pasti nggak rugi deh. Satu yang masih kurang belum di siapkan makanan berat.

Dakwah Islam di Fakultas Kesmas

Musholla ini di kelola oleh para ikhwa panggilan bagi mahasiswa laki – laki yang rutin berdiam di Musholla ini jika tidak ada kegiatan yang lain. Pada hari kamis rutin dilaksanakan taklim rutin Pesona Belajar Islam (PBL) yang di bawakan oleh ust dr.Ihsan Jaya dan Ust.Khaerul Tasnim Ilham.

Puluhan ikhwa tidak pernah bosan mengikuti kegiatan dakwah kampus di musholla kayu ini.

Hadits Anjuran berpuasa Senin Kamis

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Bagi mahasiswa sangat baik untuk nerutinkan puasa senin dan kamis. Dapat amalam jika ibadahnya di laksanakan dengan yang tulus dan ikhlas karena Allah, Kantong juga tida terlalu terkuras karena terjadi penghematan dan tentunya mendapatkan kesehatan tubuh.

Insya Allah.

 

 

Author: adminsaleh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *