5 Cara Menjaga Agar Persahabatan Tetap Langgeng

Setiap manusia tentu memiliki teman atau sahabat. Manusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak dapat hidup sendiri. Menausia membutuhkan manusia lainnya untuk dapat bertahan hidup. Persahabatan atau pertemanan dalam pelaksanaanannya pasti pernah mengalami pasang surut. Setiap orang memiliki seorang atau lebih orang yang benar-benar dipercayainya atau biasa disebut sahabat.

Mencari teman atau sahabat  bisa dikatakan lebih mudah daripada mempertahankan ikatan persahabatan agar tetap utuh. Sahabat adalah seseorang yang senantiasa berada di samping kita dan kita berada disampingnya. Sejajar yah namanya. Sahabat memberikan support ketka kita butuh semangat, kekurangan gairah dan energi. Teman menjadi pelipur lara ketika bersedih. Sahabat jadi teman tertawa ketika bahagia

Namun menjaga persahabatan terkadang memang jauh lebih sulit dari pada mendapatkan pertemanan itu sendiri. Terkadang ada masa dimana sahabat perlahan menjauh dan seiring dengan berjalannya waktu malah semakin menjauh.

Entah karena adanya masalah pada diri kita, ataupun ada permasalahan yang menyangkut dirinya. yang namanya hubungan persahabatan pasti hari demi hari akan semakin bertambah erat. lalu bagaimana cara menjaga persahabatan agar tetap utuh. Yuk coba baca 5 Tips berikut ini.

1. Saling memahami

Untuk menjadi sepasang sahabat, salah satu yang harus kamu miliki adalah sifat saling memahami. Kadangkala dalam persahabatan terdapat perbedaan pendapat dan pandangan dalam menghadapi satu problem atau isu. Perbedaan yang ada bukanlah menjadi penghalang untuk semakin erat, tapi jutrsu bisa di jadikan sebagai media diskusi dahn sharing bersama membicarakan hal-hal positif. Di satu sisi egoisme harus dihilangkan dengan mempertimbangkan hasil dan konsisi yang ada. So, untuk menjadi sahabat yang baik mesti mampu memahami orang lain.

2. Jujur satu sama lain

Salah satu kunci utama dalam membangun relationship yang panjang adalah jujur satu sama lain. Kejujuran adalah modal terbesar untuk kelanggengan suatu hubungan. Persahabatan memeperlukan rasa percaya yang kuat antara person satu dengan person lainnya. Makanya, jangan suka boong terhadap teman sendiri. Kalau seperti itu berpotensi merusak citra persahabatan. Contohnya kamu pinjam uang dan janji kembalikan 7 hari kemudian kepada sahabatmu. Tapi sudah 1 bulan belum bisa bayar maka itu bisa merusak ikatan yang telah dibangun. Sudah tidak dianggap jujur lagi dalam perkataan dan perbuatan

3. Jadi pendengar yang baik

Sifat manusia adalah selalu ingin di dengar perkataannya. Untuk menjaga agar persahabatan tetap langgeng jadilah pendengar yang baik bagi sahabat yang lain. Dengan menjadi pendengar yang baik akan mampu menyerap informasi sebanyak-banyaknya dari teman. Sehingga, kalo ada masalah yang di hadapi diri kamu sudah paham untuk mengatasinya karena sudah banyak mendengar tentang dirinya.

4. Minta maaf jika salah.

Ini adalah salah satu hal terberat yang dapat dilakukan.  Sifat individualis dan tidak pernah merasa salah adalah hal yang mesti di hindari, dibuang sejauh mungkin. Sekiranya ada salah sama sahabat, segeralah minta maaf. Jangan saling menunggu untuk bertemu mengucapkan salam maaf sekiranya kita melakukan hal yang keliru. Dengan seperti ini akan membuat teman jadi merasa bahwa dirinya penting bagi anda.

5. Menghabiskan waktu bersama

Spend time bersama dirinya adalah salah satu langka kongrit untuk eratkan persahabatan. Banyak pengalaman yang telah kita lalui bahwa dengan jarang bertemu, nilai persahabatan juga berbanding lurus dengan itu. Persahabatan terbangun karena sering berkomunikasi. Menghabiskan waktu bersama bisa dalam bentuk wisata bersama ke tempat rekreasi atau makan bersama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *