No comments yet

Magang di Puskesmas Tamalanrea

Pertama kali menginjakkan kaki di Puskesmas Tamalanrea pada saat melapor kepada kepala Tata Usaha untuk menyampikan surat permohonan magang dari Kampus yang ditujukan kepada Puskesmas di area Blok B BTP ini. Sambutan yang hangat dan bersahabat dari Ibu Rina selaku kepala TU menjadi momen baik bagi saya dan teman untuk mengambil kesimpulan awal “Kami akan diterima dengan baik di sini”.

Untuk mencapai Puskesmas ini sangat mudah. Belok masuk di samping Rumah Makan Nike Ardilla BTP dan terdapat petunjuk jelas tentang lokasi Puskesmas. Puskesmas buka senin – sabtu.

Mengenal Puskesmas Tamalanrea
Kecamatan Tamalanrea merupakan sebagian kecil dari pemerintahan walikota Makassar yang terdiri dari beberapa wilayah kelurahan, sedangkan wilayah kerja puskesmas Tamalanrea meliputi 2 kelurahan (Tamanrea dan Buntusu) yang berada ± 12 km dari Pusat Kota Makassar, dengan luas wilayah kerjanya 425,6 Ha. Yang terdiri dari 23 RW dan 121 RT.

Berdasarkan data primer yang dikumpulkan tahun 2017 jumlah penduduk Kelurahan Tamalanrea sebanyak ± 52.253 jiwa. Dengan rincian sebagai berikut :  laki – laki 26.537 jiwa dan perempuan 25.716 jiwa

Kepadatan penduduk sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan rakyat khususnya kesejahteraan anak, masalah indikasi ekonomi. Hal ini terjadi karena masalah indikasi gizi yang berhubungan dengan lingkungan perumahan, sanitasi yang kotor serta sebagai indikator perkembangan suatu daerah. Berdasarkan data yang diperoleh di Puskesmas, kepadatan penduduk   adalah 124 jiwa / km.

Jumlah SDM yang termasuk ASN di Puskesmas ini sebanyak 23 orang. Agak sedikit jika dibandingkan dengan Puskesmas di kabupaten saya berasal (Mamuju) yang kadang staf Puskesmasnya sangat banyak dan berlimpah.

Visi dan Misi Puskesmas Tamalanrea

Visi : Menjadi puskesmas terdepan dalam pemberisn pelayanan kesehatan tingkat pertama yang professional, berdedikasi tinggi dan tanpa pamrih dalam mewujudkan Tamalanrea sehat.

Misi :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya petugas puskesmas melalui peningkatan kompetensi dan pembentukan karakter yang jujur, bekerja keras dan berjiwa pelayan masyarakat
  2. Melaksanakan program dan kegiatan puskesmas dengan menerapkan pendekatan system manajemen mutu secara terpadu dan berkesinambungan.
  3. Meningkatkan dan memaksimalkan potensi sarana dan prasarana puskesmas sesuai dengan kebutuhan dan standar pelayanan kesehatan.

Kegiatan Pokok Puskesmas

  • Kesehatan Ibu dan Anak
  • Keluarga Berencana
  • Upaya Peningkatan Gizi
  • Kesehatan Lingkungan
  • Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular
  • Imunisasi

Kegiatan Magang

Sebagai mahasiswa Biostatistik Fakultas Kesehatan Masyarakat ada beberapa hal yang saya lakukan selama kurang lebih 1 bulan 2 minggu di Puskesmas ini.

  • Merekap laporan bulanan dari beberapa pengelola program (KIA, Imunisasi dan Gizi). Laporan – laporan program yang masih bertuliskan tangan dan kadang susah di baca menjadi kondisi nyata di Puskesmas ini. Keadaan yang juga, sering kami dapatkan saat melakukan review ke beberapa puskesmas pada saat masih aktif sebagai ASN di salah satu kantor di Mamuju
  • Fasilitasi pembuatan Website. Kami memberikan informasi dan advokasi kepada kepala Puskesmas Tamalanrea tentang pentingnya website sebuah kantor milik pemerintah. Alhamdulillah kepala puskesmas drg. Erny Aryani Nurdin,MARS memberikan respon yang baik. kalo mauki buka klik saja : https://puskesmastamalanrea.com/
  • Membuat Booklet Data kesehata Puskesmas Tamalanrea tahun 2017. Jika berminatki filenya silahkan komen di bawah yah dengan melampirkan alamat email. Buku indikator dengan jumlah halaman sekitar 60 halaman.
  • Melakukan analisis terhadap data – data keluarga berencana dan pelaporannya dari jaringan pelayanan kesehatan Puskesmas maupun dari Puskesmas ke Dinas Kesehatan Kota Makassar
  • Kegiatan lain yang tidak sempat  di sebutkan satu – satu

Terima kasih Puskesmas Tamalanrea atas kesempatan magang yang diberikan.

Makassar, 12-12-2018

Post a comment