Belajar Jurnalistik di IDENTITAS Unhas

Hampir selama satu bulan setengah  menjalani proses magang di Identitas, Media berita Universitas Hasanuddin. Di mulai daro Proses pendaftaran Via online dan kelas menulis yang menghadirkan para alumni – alumni PK Identitas yang di anggap sukses menjalani karir jurnalis di Makassar dan sekitarnya.

Kelas Menulis

Kelas menulis yang dilaksanakan selama 3 hari full memberikan energi yang luar biasa besarnya tentang dunia jurnalistik. Jurnalis adalah panggilan hati, salah satu kalimat singkat yang cukup membekas sampai saat saya mengetik tulisan ini yang disampaikan oleh salah satu narasumber.

Kelas menulis yang menguak rahasia – rahasia umum jurnalistik, mulai dasar berita, teknik menembus narasumber sampai masalah foto-foto dan layouter serta website di bahas secara seingkat dalam kelas menulis yang dilaksanakan di lantai dasar rektorat dan lantai 3 Fakultas FIKP.

Salah satu hal berkesan lainnya adalah video conference bersama dengan 3 alumni Identitas yang berada di luar Pulau Sulawesi. Jerman, Belanda dan Batam adalah lokasi ketiga senior Identitas berbagi pengalaman dan kiat-kiat sukses bertahan di Identitas. Kadang saya lebih sering menggunakan kata IDEN.

Pada sesi hari sabtu mendapatkan tugas meliput berita tentang keamanan di sekitar kampus. Hari sabtu bersamaan denga Perayaan puncak Dies Natalis Unhas sehingga agak kesulitan mencari Narasumber, kepala Security Kampus Pak Mansur. Setelah tanya sana sini akhirnya kami bertemu dengan Pak mansur sebagai salah satu pemberi informasi berita utama terkait pengamanan dalam mendukung Dies Natalis Unhas.

Pembagian Tim

Setelah kelas menulis kami di bagi dalam 2 kelompok besar. Saya awalnya masuk mendaftar kelas Magang untuk belajar ilustrator. Selama ini sudah belajar tentang desain grafis, Video, Website dan saya belum pernah belajar sama orang lain tentang ilustrator.

Ini tentunya kesmepatan untuk belajar. Tiap hari selasa ada kelas menulis lagi yang dipersiapkan di Markas Iden di lantai 1 perpusatakaan Unhas. Kak Sri, kami memanggilnya yang juga redaktur pelaksana (istilah pimpinan kantor) sangat setia dan sabar sharing informasi dan ilmunya tentang teknik kepenulisan maupun yang terkait dengan desain grafis. Semoga beliau semakin bertambah ilmunya karena nggak bosan-bosannya ngesare sama kami peserta magang baru.

Rapat Redaksi

Rapat redaksi adalah waktu bertemunya hampir semua kru identitas, mulai dari redaktur Pelaksana, redaktur, reporter, Carep dan sampai magangmyang dilaksanakan sekali tiap minggu. Menyusun jenis berita dan lipsus serta pembagian PJ. Kalo rapat ini yang saya anggap agak angker2 sedikit. Suara tinggi kadang muncul dari pemimpin rapat yg hampir berganti tiap pekannya. Disini Proses belajar di IDEN untuk dapat menyelesaikan segera deadline yang diberikan redaktur. Pokoknya, sesi ini agak lumayanlah untuk mengkader magang baru yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi bagian dari keluarga IDENTITAS.

Malam bersama

Setiap pekan juga ada malam bersama, semua kru di harapkan hadir dan bermalam di Identitas, sebagai stragetgi untuk dapat lebih dekat dan membangun harmoni cinta dalam wujud keluarga Identitas. Saya agak pribadi belum pernah nginap di IDENTITAS. Banyaknya pekerjaan-pekerjaan yang deadline dari kantor maupun pekerjaan Freelance yang saya kelola membuat saya untuk mencari alasan gak nginap di IDEN. Apalagi nyamuk di gedung lantai 1 Perpusatakaan ini ganas banget, Nyamuk di IDEN kayak pakai tombak.

Wawancara Dosen

Satu bulan setengah menjadi kesempatan bagi saya untuk bertemu dengan orang-orang baru, baik mahasiswa magang, kru senior di IDENTITAS, para narasumber di UKM di Unhas maupun para dosen di Fakutas. Pak Daryatmo terkait Unggas di Peternakan Unhas yang lumayan mengganggu masyarakat di Kera-Kera, Prof. Ridwan saya kejar sampai di perumahan dosen untul wawancara, Wawancara Online dengan beberapa pengurus UKM sampai yang terakhir hampir 2 jam lamanya diskusi dan wawancara dengan Pak Eka salah satu dokter gigi Unhas di Fakultas kedokteran gigi yang saya temui di RSGM Kandea.

Terima kasih PK IDENTITAS, waktu singkat selama hampir 45 hari terakhir memberikan banyak pelajaran kepada saya tentanng bagaimana memandang Jurnalistik. Walaupun yang saya dapatkan baru kulitnya. Semoga ditempat lain bisa saya kembangkan pelajaran ini.

Nafita Home’s, Indekos tempat menghilangkan lelah dan penat, Sahabat 2

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *