Kepo di Waktu yang tidak Tepat

Mark Manson menulis sebuah buku fenomenal dengan judul “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat”. Buku terlaris Versi New York Times dan Globe and Mail ini memuat beberapa pesan sederhana di antaranya

“Dalam hidup ini, kita hanya punya kepedulian dalam dalam jumlah yang terbatas. Mark Manson menekankan, anda harus bijaksana dalam menentukan kepedulian anda”

Hari ini di salah satu kelas yang saya ikuti salah Dosen yang bergelar Guru besar itu dengan suara agak di tekan memberikan peringatan kepada saya untuk keluar dari kelas karena dianggap tidak memperhatikan beliau dalam penjelasan materi.

Biasanya setiap masuk kelas mata kuliah ini, saya duduk di depan, tapi hari ini, senin, 6 November 2018 saya memilih duduk di debalalang. Selvi namanya, adik yang duduk di samping kiri saya hari ini. Saat Profesor menjelaskan adik Selvi sangat sibuk dengan HPnya dan saya sedikit Kepo untuk menegurnya agar menyimpan HPnya dan fokus memperhatikan Prof menjelaskan bahan kuliahnya.

Selanjutnya disamping kanan saya duduk Milda  yang datang belakangan. Dia juga sangat sibuk dengan HPnya. Me-Repply pertanyaan adik – adik binaan BEM. Lagi – lagi saya kepo untuk mengingatkannya agar fokus pada mata kuliah dan menyimpan hpnya untuk sementara waktu. Kepo yang berujung “bencana kecil” hari ini.

Prof yang mungkin dari tadi memperhatikan gerak gerik saya kemudian agak keras suaranya dan memberikan pilihan kepada saya untuk ikut belajar atau keluar dari kelas. Saya tidak ingin keluar dari kelas karena agak suka dengan mata kuliah ini.

Dalam pembahasan selanjutnya Guru besar yang cukup bagus dalam menjelaskan mata kuliah ini sesekali memberikan sindiran yang saya merasa ditujukan kepada saya. Akhirnya sepanjang mata kuliah saya jadi fokus kepada mata kuliah.

Hari ini mendapatkan beberapa pelajaran :

  1. Terima kasih kepada guru kami Prof yang telah mengingatkan untuk bisa fokus kepada mata kuliah dan agar tidak bercakap – cakap pada saat dosen menjelaskan mata kuliah yang ada;
  2. sebaiknya mahasiswa menyimpan HPnya pada saat penjelasan mata kuliah
  3. Kepo baik di waktu yang tidak tepat ternyata kadang membawa hal yang tidak baik
  4. Saya jadi tau, kalo Prof ternyata bisa marah juga.
  5. Kelas berikutnya harus duduk di depan. Jika duduk di belakang ada kesempatan untuk ribut dan tidak fokus pada mata kuliah

Lagi-lagi Mark Manson mengingatkan bahwa kunci untuk kehidupan yang lebih baik bukan tentang memedulikan lebih banyak hal, tetapi tentang memedulikan hal yang sederhana saja. peduli tentang apa yang medndesak dan penting (Saya sebenarnya tidak setuju dengan pendapat Mr. Manson untuk hal ini), tapi khusus kejadian hari ini sepertinya gue harus mengakui bahwa peduli dan kepo perlu memperhatikan waktu dan situasi yang tepat.

KA 104, Pukul 10.00 – 11.40

5 November 2018

2 Comments on “Kepo di Waktu yang tidak Tepat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *